BURUNG TRUCUKAN / TROCOKAN / CRUCUK |<!--Can't find substitution for tag [blog.Title]-->

Jumat, 24 Januari 2014

BURUNG TRUCUKAN / TROCOKAN / CRUCUK

Beberapa hari ini membahas tentang kenari, aku perlu membahas tentang burung peliharaanku yang lagi satunya. Mau tahu namanya? Namanya burung Trucuk / Trocokan / Trucukan / Trotol / Crucuk / Cucak Jowo. Pasti pada bingung dengan banyak nama si burung satu ini. Habisnya di tiap daerah pada nyebutnya beda-beda. Biar nama banyak dan beda tapi intinya si burung ini menurutku sih bagus suaranya. Kata istriku sih suara aslinya hampir mirip dengan suara burung Cucak Rowo. Aku sih belum pernah mendengar Cucak Rowo ngoceh.

Pernah sih suatu hari crucuk di rumahku ini bunyi bagus banget, aku kira ada burung lain mampir kerumah. Aku mencari-cari sumber suara eh ga taunya si crucuk yang lagi bunyi. Sekarang udah hampir 1 tahun sejak aku memeliharanya burung Trucukan ini bisa menirukan suara burung lain salah satunya kenari, burung Prenjak, Kecial atau Pleci, dan suara kodok kawin. Nah suara kodok kawin ini aku curiga direkam sama burung ini ketika di kolam ikanku ada beberapa pasang kodok yang lagi kawin. Akhirnya kemasukan juga dah suara aneh ini.

Berikut gambar burung crucuk punyaku itu :





Aku sih dari dulu berniat jual murah burung ini, tapi ga dikasi sama ortu katanya sih tuh burung kan ditangkapi sama tetangga depan rumah masak kamu mau jual?? Ya sudah aku jadi batal jualnya sampai sekarang ini dengan banyak suara lain masuk. Sekarang tetanggaku sih yang menangkap burung crucuk ini sudah meninggal beberapa bulan lalu. Aku jadi tambah ga mau jual burung crucuk ini karena ini buat kenang-kenangan dari tetanggaku itu. Selamat Jalan Pak, semoga di alam sana bisa tenang...Aminnnnnnn.......

2 komentar:

idstreet on 31 Januari 2014 pukul 17.05 mengatakan...

Bunyiny pasti keren ya gan ...

Obat Jantung on 26 Februari 2014 pukul 11.43 mengatakan...

wah.. aku punya burung kenari

Posting Komentar

Thank you for visiting my blog.
Please provide comments in accordance with the contents of the posting. No Spam No SARA

 

MY JOURNEY OF LIFE Copyright © 2009 Community is Designed by Bie